IKAST3.org ada yang ngotak-ngatik ?

Kejadian ini udah dua kali gue alamin, dan ironis nya kedua kejadian ini gue ketahuin justru dari orang lain (member IKAST3.org) dan bukan atas penemuan gue sendiri.

  1. Yang pertama itu sekitar tanggal 15 Mei lalu, dimana kejadiannya adalah Webserver IKAST3.org gak bisa meng-eksekusi skrip PHP. Gimana gak pusing coba….. setiap mo nyoba untuk browsing web-nya IKAST3.org maka yang keluar adalah menu download, jadi setiap skrip PHP yang kita eksekusi akan di-download ama sistem. Bahayanya adalah, file konfigurasi yang isinya username dan password MySQL database juga bisa dengan mudah di-download ama orang. Thanks to Boby yang udah ngasih tau soal masalah ini lewat YM.
  2. Kejadian kedua yaa baru kemaren ini 29 Mei, dimana kejadiannya adalah member IKAST3.org gak bisa kirim thread di forum, bahkan juga gak bisa nge-reply. Bahkan administrator pun gak bisa kirim ataupun nge-reply di forum. Gila aja nihhhh, kerjaan siapa lagi kayak begini ini ? Thanks to Blake yang udah nelpon gue dan ngasih tau soal masalah ini.

Emang susah deh jadi single fighter untuk administrasi web, setiap ada masalah di website IKAST3.org pasti gue kelimpungan untuk nge-benerinnya. Iya kalo gue lagi ada waktu luang…. nahh kalo gak ada ? Kalo gue lagi hectic banget gimana ? Yooo wess lah, namanya juga project sukarela (kata Maman)…… jadi mesti sabar aja. Hehehehehe………

Hayyyaaaaa….. kok jadi curhat gini gue. Balik lagi ke cerita soal orang iseng di IKAST3.org yaaa. Jadi selidik punya selidik barengan ama tim SingCat, mereka nemuin ada beberapa mis-configuration di Server mereka yang berhubungan sama PHP. Dan mereka udah benerin error itu, gue juga gak tau itu kerjaan hacker atau emang error biasa di Server. Pokoknya masalah pertama udah kelar, dan IKAST3.org udah bisa on-air lagi dengan normal.

Nahhh kalo untuk masalah yang kedua ini, kayaknya emang ada orang yang sengaja ngotak-ngatik script dan database IKAST3.org. Gue pusing juga nih…. udah coba tanya-tanya ke forum XOOPS, tapi kayaknya bakalan lama juga dapet balesan. Karena gue udah gak sabar lagi, akhirnya gue putusin untuk re-upload module CBB ke Webserver IKAST3.org sesegera mungkin. Dan untungnya, ternyata ada versi CBB terbaru yang baru release. Kalo yang lama gue pake CBB 3.05, ternyata ada versi 3.08 yang lebih terbaru. Yaaa udah lah, sekalian upgrade modul aja kalo gitu.

DONE…… setelah modul CBB gue upgrade, sekarang member IKAST3.org udah bisa bikin thread, nge-bales thread, dll. Mudah2an gak akan ada masalah yang signifikan lagi ke depannya. Tapi untuk mencegah hal-hal yang gak enak nantinya, akhirnya gue putusin untuk ngerubah password MySQL Database di IKAST3.org

Ayo ayo para Alumni STT Telkom……….. rame’in dong web-forum kita di IKAST3.org !!!

Buat komentar

Tambahkan komentar Anda disini, atau trackback dari website Anda sendiri. Anda juga dapat subscribe ke komentar-komentar via RSS.

Alamat email Anda tidak akan pernah di-share. Kolom yang harus diisi telah ditandai *