Pijakan pertamaku di Swedia

Wahhhhh senangnya bisa jalan2 di Swedia. Kapan lagi bisa jalan2 gratis kalo gak pas lagi di-training ? hehehehehe

Langsung cerita aja ahhhhh……..
Setelah puas jalan2 di Bangkok gara2 transit 8 jam, akhirnya gue ama Deny mesti boarding lagi ke pesawat Thai Airways sekitar jam 1 pagi hari Minggu 4 November 2007. Tapi kali ini pesawatnya ganti jadi lebih gede, karena pake Boeing 747. Sebenernya sihh dari Bangkok sampe ke Stockholm itu ngabisin waktu sekitar 11 jam stengah. Tapi, gue berangkat jam 1 pagi hari Minggu, dan nyampe Stockholm jam stengah 7 pagi hari Minggu juga. Seolah-olah cuma perjalanan 6 jam-an yaaa ? hehehehe…. padahal sebenernya perjalanan sekitar 11 jam stengah lebih. Karena perbedaan waktu Stockholm ama Bangkok itu 6 jam. Bangkok itu GMT +7 sementara di Stockholm GMT +1. Lumayan banged nihh nyampe hari Minggu pagi2 buta, jadi bisa jalan2 dulu dong seharian. Yesssss……

Pas keluar bandara, busyet dahhhh kok langsung menggigil gitu yaa gue ? Soalnya cuma pake jaket Reebok tipis aja gue, padahal orang2 laen aja udah pada pake jaket tebel. Bodo ahhhh…… sok2 kuat aja gue. Dari Arlanda Airport di Stockholm, langsung naek Taxi 020 ke Apartemen StayAt di Kista. Ongkosnya lumayan mahal, kena tarif flat 320 Kr (kaliin aja sekitar 1500 rupiah tiap 1 Kroner nya). Whuzzz……. dalam waktu 20 menit udah nyampe di Danmarksgatan 34-38 tempat apartemen StayAt itu tadi.

Abis check-in, bongkar muatan sebentar trus istirahat ngilangin jet-lag. Jam 11 siang gue ama Deny langsung cabut jalan2. Gue udah browsing untuk nyari jalur SubWay kalo mau jalan2 seputaran Stockholm. Website www.sl.se bagus banged untuk jadi referensi bagi yang kepengen muter2 di Stockholm. Oooo iya… kalo di Swedia, kereta SubWay itu disebutnya Tunnelbana atau Metro. Dari Kista Galleria (nama gedung atau Mall tempat apartemen StayAt itu tadi), tinggal nyebrang aja udah nyampe di Terminal Kista. Trus beli tiket sekali jalan untuk ke Terminal T-Centralen, mesti ngeluarin duit 40 Kr. Cabuutttsss…..

T-Centralen atau biasa dikenal juga dengan Central Station ini merupakan titik pusat nya trafik Tunnelbana di Stockholm. Jadi dari sini berkumpul semua Metro dari beberapa jalur trayek yang berbeda. Kalo gue gak salah itung, terminal Tunnelbana di Central Station ini ada sekitar 3 lantai ke bawah. Gak susah kok untuk mo pergi kemana-mana, tinggal liat aja peta trayek nya. Nihh gue kasih sekalian biar gampang.

Di liat aja warna dari jalur tiap trayek, trus nanti perhatiin deh plang nama di dalem terminal, udah ada warna-warna nya juga kok. Gak bakalan nyasar dehhh, meskipun Terminal segede itu. Kalo emang niat mau jalan2 di Stockholm, gue saranin mendingan beli tiket Metro yang jangka panjang. Untuk tiket terusan 3 hari (72 jam) harganya 190 Kr, dan untuk yang seminggu kenanya 230 Kr. Jatoh nya lebih murah dibandingin harus bayar 40 Kr tiap mau naek Metro. Tiket nya bisa beli di Terminal, atau kalo pas lagi liat Toko Pressbyran di Mall, bisa juga beli di situ. Jadi kalo punya tiket terusan, yaaa loe bakalan gratis terus naek trayek mana aja selama jangka waktu tiket loe blom abis….. tinggal gesek aja terus di gerbang masuk nya. Mantabbbssssss……..

Lanjut lagi cerita nya…………..
Dari T-Centralen, gue ama Deny keluar Terminal dan mulai jalan2 seenaknya tanpa tau mau kemana. Ehhh ternyata malah nyampe di Gamla Stan atau Kota Tua (Old Town). Jadi ternyata gue gak ngerasa kalo pas jalan ke Gamla Stan ini gue udah nyebrangin jembatan untuk ke pulau laen, hehehehe. Ternyata Gamla Stan itu adanya di pulau kecil di jantung kota Stockholm. Kalo kata orang barat sono nge-deskripsiin Gamla Stan itu kayak gini nihh :

Gamla Stan is situated on a small island in the heart of Stockholm. Gamla Stan or Old Town, is a maze of medieval streets. Gamla Stan is crammed with historic attractions, including Stockholm’s cathedral and the royal palace. There are lots of lovely shops in Gamla Stan – not only souvenir shops but also boutiques and shoe shops.

Gue ama Deny sihhh sempet beli souvenir buat oleh2. Tapi berhubung harganya mahal2, jadi yaa yang kebeli cuma kaos, gantungan kunci dan pulpen doang dehhh. Lumayan buat orang kantor dan orang di rumah.

Tapi jujur aja, yang selalu keinget ama gue pas jalan sepanjang jalan di Gamla Stan itu adalah cewek2 nya. Hahahahaha…….. gak ada yang jelek euyyy, cakep2 semua dan modis teuing. Sambil merem pasti bisa dapet dehhh bibit unggul 🙂

Setelah puas jalan2 dan cari souvenir, gak kerasa udah gelap. Tapi pas gue liat jam tangan, ternyata baru jam 4 sore. Gilee di sini tuh yeee, di atas jam 3 sore udah mulai gelap dan bakalan mulai terang lagi sekitar jam 8 pagi. Ternyata waktu malem nya emang panjang banged di negara ini. Pulang ahhhh ke Kista…………..