Haram bagi Lelaki Muslim !

Sunggulah masih sangat dangkal ilmu gue ternyata…… 🙁
Setelah hampir 30 tahun ngerasain nikmatnya bernafas di bumi, baru kali ini gue tau kalo emas dan sutera itu haram hukumnya bagi lelaki Muslim.

Hukum mana lagi yang lebih baik dari hukum Allah SWT ?

Ketika seorang muslim tidak mengambil sunnahnya dan justru mengambil cara-cara yang bukan berasal darinya, baik secara sadar atau tidak sadar maka dia telah menganggap apa yang ditetapkan Allah dan Rasul-Nya tidaklah lebih baik darinya. Firman Allah SWT,

QS Al-Maidah : 50

Apakah hukum Jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin ? (QS. Al Maidah : 50)

Berikut ini gue sadur beberapa cuplikan dari rubrik konsutasi di eramuslim

Diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin al ‘Ash bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa dari umatku mengenakan emas kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya emas di surga. Dan barangsiapa dari umatku yang mengenakan sutera kemudian dia mati masih dalam keadaan mengenakannya maka Allah mengharamkan baginya sutera di surga.” (HR. Ahmad)

Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Ali bahwasanya Rasulullah SAW mengambil sebuah sutera dan menjadikannya di sebelah kanannya dan mengambil sebuah emas dan menjadikannya di sebelah kirinya kemudian Rasulullah SAW bersabda, ”Sesungguhnya kedua jenis ini haram bagi kaum laki-laki dari umatku.” (HR. An Nasai dan Abu daud). Demikian juga Rasulullah SAW bersabda, ”Dihalalkan (mengenakan) sutera dan emas bagi kaum wanita dari umatku dan diharamkan bagi kaum laki-lakinya.” (HR. Ahmad)

Sebagaimana hadits Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas bahwasanya Rasulullah SAW melihat sebuah cincin dari emas ditangan seorang laki-laki maka Rasulullah SAW pun melepas dan membuangnya. Dan Rasulullah SAW bersabda, ”Salah seorang diantara kalian sengaja menginginkan bara api dari neraka dengan mengenakannya (cincin emas) ditangannya.” Kemudian dikatakan kepada laki-laki itu setelah Rasulullah SAW pergi, “Ambillah cincinmu dan manfaatkanlah.” Orang itu berkata, “Tidak, demi Allah aku tidak akan mengambilnya selama-lamanya, sesungguhnya Rasulullah SAW telah membuangnya.” (HR. Muslim)

19 Komentar

    Error thrown

    Call to undefined function ereg()